-->

Cara menjalankan Bisnis Di Internet mana yang Anda pilih?

Apabila Anda telah memiliki ide bisnis dan juga telah menetapkan ceruk pasar yang menjadi target, maka Anda membutuhkan Internet sebagai salah satu alat berkomunikasi dengan target pasar Anda tersebut. Pemasaran online adalah alternatif yang paling terjangkau untuk mengiklankan atau mempromosikan produk maupun jasa yang mau Anda jual. Internet memungkinkan Anda menjangkau lebih banyak orang tanpa harus mencari modal atau pinjaman dari bank.
Cara menjalankan Bisnis Di Internet mana yang Anda pilih?

Bentuk perniagaan atau pemasaran telah banyak berubah. Meskipun peran iklan di media cetak maupun promosi dari mulut ke mulut masih diperlukan untuk suksesnya bisnis Anda, namun siapapun sekarang mulai melirik kepada kendaraan yang baru dan sangat menjanjikan di masa datang, yaitu internet marketing.  Hadir di dunia maya sudah harus Anda lakukan untuk bisa menghubungkan diri dan bisnis Anda ke target pasar Anda. Tentunya target pasar Anda adalah peselancar internet, dan tidaklah mengganggu mereka dengan memperkenalkan bisnis Anda kepada mereka. Bahkan sebagian besar dari mereka yang akan mencari Anda, tanpa harus Anda mengunjungi mereka dan menawarkan bisnis Anda. Enak sekali bukan? Bisnis ini bukan hanya bisnis “jemput bola” tetapi juga mengijinkan mereka mencari “bola” yaitu produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Karena prospek Anda sudah pada online, maka Anda pun harus melakukannya secara online juga. Ada lebih dari 25 juta orang di Indonesia dan lebih dari 1,5 miliar orang di dunia yang selalu berselancar di Ineternet pada saat ini. Jumlah ini akan terus bertumbuh dengan pesat pada tahun-tahun yang dekat ini.

Apabila Anda seorang pemula, apalagi kalau Anda seorang yang GAPTEK maka internet marketing bukanlah sesuatu yang mudah. Tapi, ada beberapa cara bagaimana Anda dapat mempelajari inti dari bisnis ini.

Pertama, Anda dapat mencoba bekerja dengan para ahli atau seorang Coach yang memahami kompleksitas strategi berbisnis di Internet. Dari mereka, Anda dapat belajar bagaimana membuat pesan, menyusun sebuah rencana, sampai kepada penerapannya. Mereka dapat menjadi mentor Anda dan dapat memberikan masukan yang cukup untuk menjalankan bisnis ini. Tentunya Anda perlu mengeluarkan biaya yang relatif lebih besar, karena Anda harus membayar jasa Coach Anda. Selain itu satu hal yang harus diingat adalah bahwa tidak ada bisnis yang persis sama. Bahkan jika Anda dan mentor yang Anda pilih berasal dari industri yang sama atau memiliki konsep bisnis yang sama, tetap saja bisnis Anda akan tetap bersifat unik. Pastikan bahwa Anda hanya menerapkan teknik yang Anda pikir cocok untuk usaha Anda atau sesuai dengan tujuan bisnis Anda. Anda adalah Anda dan bukan orang lain.

Kedua, adalah cara dimana Anda memilih untuk mempelajari internet marketing Anda sendiri (otodidak). Banyak sumber informasi mengenai bisnis ini yang tersedia baik secara online maupun secara offline, baik gratis maupun berbayar. Anda juga dapat bergabung di forum tentang pemasaran online. Forum itu adalah tempat yang baik untuk bertemu dengan orang lain yang sudah lebih dahulu berhasil dan Anda bisa belajar dari keberhasilan maupun kegagalan mereka. Sekali lagi, hanya Anda yang tahu bisnis Anda yang terbaik. Ambil serpihan-serpihan ilmu atau nasihat yang Anda pikir akan membantu dalam keberhasilan Anda. Hanya, perlu diingat bahwa dengan cara kedua ini Anda akan membutuhkan waktu lebih lama untuk memahami dan menguasai bisnis secara lebih lengkap. Walaupun secara finansial, biayanya lebih murah dibandingkan cara pertama, namun penggunaan waktu yang lebih lama merupakan biaya kehilangan peluang yang bisa saja lebih besar dibandingkan dengan biaya yang harus Anda keluarkan dengan memilih cara pertama. Namun percayalah bahwa dengan cara yang mana pun, pemasaran online pasti dapat membawa Anda berjalan semakin jauh, tapi itu hanya jika Anda bersedia untuk menyerap manfaatnya.

Sukses adalah perjalanan menuju pewujudan impian Anda. Oleh karena itu bermimpilah untuk sesuatu yang besar.

Comments